Dampak Kenaikan BBM dan Krisis Global terhadap Prospek Rumah Keterampilan di Indonesia

Sejak awal tahun 2009, harga minyak dunia mulai tidak stabil dengan mulai kembali nampak naik. Ini bisa dilihat dari dari indikasi berita yang ada di Kompas. Perkiraan kenaikan minyak dunia juga diperburuk dengan masih belum usainya krisis global yang melanda dunia. Krisis global ini dipicu oleh kegagalan lembaga keuangan di AS yang banyak mengucurkan dananya di sektor perumahan.

Di Indonesia sendiri dampak krisis global sudah mulai dirasakan sejak beberapa bulan yang lalu. Dimana banyak perusahaan yang masuk pasar modal bangkrut karena nilai sahamnya turun. Efek lanjutannya adalah melemahnya nilai mata uang rupiah yang semula masih di kisaran Rp 9.200 per satu US Dollar, naik menjadi Rp 1.000,- per US Dollar. Selanjutnya kisis global mulai merambah ke kinerja pebankan yang merosot tajam dimana pertumbuhan kredit menurun hingga 20%. Ini menjadi tanda bahwa krisis global mudah merambah lagi ke sekor riil.

Sebagai salah satu bidang dalam usaha sektor riil, rumah keterampilan tidak dapat luput dari dampak adanya kenaikan BBM dan krisis global saat ini. walaupun banyak para pakar ekonomi yang menyatakan bahwa usaha skala kecil relati tidak terimabs dalam krisis ini. Namun kenyataannya, kenaikan BBM berimbas pada kenaikan harga bahan baku keterampilan, biaya transportasi serta biaya operasional rumah keterampilan tersebut. Krisis global berimbas pada merosotnya daya beli masyarakat sehingga para peserta kurang berminat lagi pada keterampilan yang disediakan karena keterampilan ini diharapkan menjadi usaha sampingan para pemuda atau pemudi serta ibu-ibu rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: